Keuntungan Memiliki Blog Pribadi

keuntungan memiliki blog pribadi
Memiliki blog pribadi atau bahasa kerennya (personal blog) memang sangat menyenangkan. Terlebih dalam pembuatan blog tersebut tidak membayar alias free dengan memanfaatkan platform blogspot. Branding bukan hanya bisa diaplikasikan pada komoditi produk saja. Blog Anda pun bisa menjadi obyek branding. Salah satu dari alat bantu untuk membranding diri Anda adalah dengan membangun personal blog yang memuat mengenai siapa Anda, keahlian Anda, Hobi Anda, dan mungkin juga tips dan trik bisnis dari pengalaman Anda. Desain blog tidak harus keren, meski kurang bisa dibenarkan juga jika desain asal-asalan.

Tentu pengunjung blog Anda akan malas untuk klik sana dan klik sini jika desain blog amburadul dan tidak eye-catching,,Hehehe. Nah, pengalaman ini memang sudah lama saya rasakan sejak blog pribadi saya mengalami banyak "bongkar pasang" baik dari segi bentuk, arsitektur, konten maupun cara pengolahan datanya yang sebelumnya hanya mengandalkan HTML. Dengan bantuan dari W3 Validator.

Karena walaupun asyiknya bermain dalam dunia maya, tetap saja faktor tujuan dan fokus anda berkiprah di dunia maya tentu harus jelas. Karena selain waktu dan tenaga akan dipakai, juga dari segi ekonomi akan diperlukan dalam artian ada biaya yang timbul dari keinginan anda ingin memiliki blog pribadi seperti yang saya miliki.

Isi blog identik dengan tulisan, gambar, musik, video, dll. Jika Anda mempunyai ide dan disampaikan hanya dengan omongan kepada orang sedunia, maka siap-siap saja ke dokter untuk operasi plastik bibir dan mulut Anda (piss ya). Ide lebih baik dituangkan dalam bentuk tulisan dan dalam bentuk apapun yang bisa ditampilkan dalam media visualisasi, yaitu blog. Manusia ditakdirkan sebagai masyarakat sosial yang tidak bisa diam. Tidak bisa diam bila hati ingin bicara, bila hati ingin kekuasaan, bila hati ingin kaya, bila hati ingin mengingatkan sesamanya. Jangkauan penyebaran ide Anda akan sangat terbatas. Jika mengandalkan mulut, akan mendunia jika menggunakan blog. Nah Jika Anda memiliki personal blog, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan, di antaranya:
  1. Sebagai identitas pribadi, dibutuhkan sedikit banyak waktu untuk memperkenalkan siapa Anda, keahlian Anda, Hobi Anda, dan mungkin juga tips dan trik bisnis dari pengalaman Anda. Dengan situs pribadi, segalanya akan bisa terkomunikasikan dengan baik.
  2. Sebagai gerbang bisnis Anda, dengan memaksimalkan nilai fungsional personal blog Anda sebagai gerbang informasi bisnis.
  3. Sebagai alat bantu Personal Branding Anda, personal branding dibutuhkan untuk mengembangkan kepribadian seseorang. Maka dari itu, sebuah personal blog akan sangat membantu Anda untuk lebih dikenal secara lebih luas dan berimbang.
  4. Sebagai juru bicara Anda, waktu adalah uang dan hidup memang harus dijalani secara efektif dan efisien. Dengan teknologi dot com (situs personal), Anda bisa mengkomunikasi suara hati, memberikan klarifikasi atas sebuah masalah, serta menjawab atau memberikan tanggapan atas berbagai keluhan, saran, dan kritik yang ditujukan kepada Anda secara cepat, efektif, dan efisien karena proses uploading bisa dilakukan secara pribadi.
  5. Berbagi ilmu dan informasi. Dengan blog pribadi, Anda dapat membagi keterampilan yang Anda miliki. Atau juga berbagai pengalaman jika misalnya Anda suka bertualang. Jika Anda juga ada seorang fotografer, Anda pun dapat membaginya di situs pribadi Anda. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang yang berprofesi sebagai konsultan, guide, dekorator, arsitek dan sebagainya, maka Anda dapat memperkenalkan diri Anda dalam profesi Anda tersebut secara meluas. Saling berbagi informasi adalah hal yang indah. Jika Anda pemilik ide, maka Anda adalah raja bagi para pengikut yang membutuhkannya seperti layaknya seminar-seminar desain. Suatu hal yang memuaskan jika Anda mampu memberikan nilai lebih kepada hidup mereka. Para pengikut akan menjadi percaya kepada Anda.
  6. Serta masih banyak lagi manfaatnya yang belum tertulis disini. Mantap deh gan :))))
Nah seperti yang sudah saya bahas pada tulisan saya sebelumnya bahwa blog kini tak lagi di monopoli oleh perusahaan saja, di seluruh dunia blog sudah dimiliki oleh perseorangan. Jangan heran kalau tiba-tiba anda menemukan anak sekolah punya blog, atau ketika sedang browsing anda menemukan informasi bagus (lebih tepatnya informasi yang anda butuhkan) yang di tulis oleh seorang yang “biasa-biasa saja” mengingat begitu mudah dan begitu pentingnya memiliki blog saat ini.

Ingatlah selalu, Jika Anda mempunyai blog, maka Anda mempunyai satu nilai lebih dari orang lain yang belum memilikinya. Dapat dikatakan, Anda selangkah lebih maju dalam kehidupan era globalisasi ini. Atau Anda adalah selebritis baru dalam dunia maya. Jika Anda punya perusahaan, dan mempunyai blog maka perusahaan Anda punya potensi terkenal se dunia, siapa tahu anda diundang sebagai pembicara dalam seminar di kampus-kampus ternama. Dan seperti biasa lah Untuk memiliki blog pribadi, anda tidak perlu lagi bingung bagaimana cara membuatnya atau biaya yang harus dikeluarkan untuk blog pribadi yang bonafit. Untuk belajar, Anda bisa menggunakan penyedia jasa blog gratis.

3 comments: